Kecerdasan Anak Bukan Nomor Satu

kecerdasan anakISLAMEDICA - Siapa yang tak senang melihat buah hatinya menjadi orang yang sukses. Harapan setiap orangtua kepada anaknya tak lain agar kelak ia menjadi seseorang yang berguna di masa depan. Dengan penuh perhatian dan dukungan material seluruhnya dikerahkan untuk keberhasilan anak-anaknya. Diwujudkan dengan memberikan segala sesuatu yang terbaik, termasuk pendidikan. Tak heran banyak orangtua yang kini menitipkan anak-anaknya sejak dini di bimbingan belajar dan les-les bahasa. Dan tak jarang anak sampai sempoyongan karena seharian mengikuti kegiatan pembelajaran. Semua itu dimaksudkan agar cita-citanya bisa tercapai.

Pendidikan formal di sekolah maupun di luar sekolah sebagai sarananya lebih cenderung mengarah kepada akademisi yang tujuannya adalah untuk merangsang intelektual dibandingkan spiritual atau kepribadian. Sedangkan masyarakat moderen saat ini menganggap bahwa kecerdasan lebih utama. Pemahaman seperti ini jelas keliru. Sebagai contoh misalnya jika orangtua ditanya manakah yang utama anak cerdas atau jujur? Manakah yang lebih penting anak cerdas atau bertanggung jawab? Bisa ditebak jawabannya pasti lebih utama dan lebih penting anak jujur dan bertanggung jawab. Ini membuktikan bahwa kecerdasan anak bukan yang nomor satu.

Dalam pembahasan ini bukan berarti kecerdasan anak tidak penting. Hanya saja orangtua tidak boleh hanya fokus kepada akademik anak saja sehingga tidak menghiraukan moral anak. Yang terjadi di masyarakat justru malah sebaliknya. Padahal manusia juga memerlukan bimbingan kepribadian sebagai bekal bersosial ketika nanti terjun di masyarakat.

Memang ada pendidikan akhlak lewat mata pelajaran agama Islam namun porsinya amatlah sedikit. Frekuensi mata pelajaran agama Islam yang seminggu hanya sekali dan durasinya rata-rata 2 jam tidaklah cukup. Di meja belajar juga lebih banyak tumpukan buku sains dari pada buku-buku agama. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan orangtua dalam membentuk karakter anak agar menjadi insan yang selain cendekia juga berakhlak mulia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment