Lima Fase Kehilangan

Ada lima fase kehilangan yaitu :

1. Fase Pengingkaran (denial)

Reaksi pertama individu yang mengalami kehilangan adalah syok, tidak percaya atau menolak kenyataan bahwa kehilangan itu terjadi, dengan mengatakan " Tidak, saya tidak percaya bahwa itu terjadi", " Itu tidak mungkin". Bagi individu atau keluarga yang mengalami penyakit terminal, akan terus menerus mencari informasi tambahan. Reaksi fisik yang terjadi pada fase peenginkaran adalah letih, lemah, pucat, mual, diare, gangguan pernapasan, detak jantung cepat, menangis, gelisah, tidak tahu berbuat apa. Reaksi tersebut cepat berakhir dalam waktu beberapa menit sampai beberapa tahun.

2. Fase Marah (anger)

Fase ini dimulai dengan timbulnya kesadaran akan kenyataan terjadinya kehilangan. Individu menunjukkan perasaan yang meningkat yang sering diproyeksikan kepada orang yang ada di lingkungannya, orang orang tertentu atau ditujukan kepada dririnya sendiri. Tidak jarang menunjukkan perilaku agresif, bicara kasar, menolak pengobatan, dan menuduh dokter dan perawat yang tidak becus. Respon fisik yang terjadi pada fase ini antara lain, muka merah, nadi cepat, gelisah, susah tidur, tangan mengepal.

3. Fase Tawar Menawar (bergaining)

Apabila individu telah mampu mengungkapkan rasa marahnya secara intensif, maka ia akan maju ke fase tawar menawar dengan memohon kemurahan Tuhan. Respon ini sering dinyatakan dengan kata-kata " Kalau saja kejadian ini bisa ditunda maka saya yang akan sering berdoa" Apabila proses berduka ini dialami oleh keluarga maka pernyataan sebagai berikut sering dijumpai "Kalau saja yang sakit bukan anak saya".

4. Fase Depresi (depression)

Individu pada fase ini sering menunujukkan sikap antara lain menarik diri, tidak mau bicara, kadang-kadang bersikap sebagai pasien yang sangat baik dan menurut, atau dengan ungkapan-ungkapan yang menyatakan keputusasaan, perasaan tidak berharga. Gejala fisik yang sering diperlihatkan adalah menolak makan, susah tidur, letih, dorongan libido menurun.

5. Fase Penerimaan

Fase ni berkaitan dengan reorganisasi perasaan kehilangan. Pikiran selalu terpusat kepada objek atau orang hilang akan mulai berkurang atau hilang, individu telah menerima kenyataan kehilanganbyang dialaminya, gambaran tentang objek atau irang yang hilang mulai dilepaskan dan secara bertahap perhatian beralih pada objek yang baru. Fase menerima biasanya dinyatakan dengan kata-kata "Saya betul-betul menyayangi baju saya yang hilang tapi baju saya yang baru manis juga," atau "Apa yang dapat saya lakukan agar saya dapat cepat sembuh?".
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment