Kehidupan Manusia Di Mars

Kehidupan di marsISLAMEDICA - Mungkinkah Manusia Hidup di Mars? Planet Mars hingga saat ini masih menjadi perbincangan para ilmuwan dunia dengan prediksi bahwa suatu saat manusia akan hidup di sana. Tak terkecuali seluruh manusia yang mendengar rumor ini pasti ada yang mengatakan mustahil dan ada juga yang percaya. Masing-masing tentu punya argumen tersendiri untuk melandasi pendapatnya. Apakah suatu saat nanti penduduk bumi bisa menghuni planet merah ini atau tidak hal itu tentunya menjadi penting untuk dibahas.

Manusia memiliki akal yang dijadikan dasar untuk berpikir, dan juga logika yang mendampingi akal tersebut. Tentang manusia akan menghuni mars adalah sebuah hal yang mustahil. Karena dasar jasmani dan rohani setiap orang yang tidak mungkin menerima. Meskipun banyak ilmuwan dengan penelitian ilmiahnya membawa kabar kontroversial ini namun tetap tidak akan bisa melawan fitrah manusia itu sendiri. Toh akal kita yang suci ini bisa membuktikan bahwa tidak mungkin bisa manusia menghuni Mars.

Logika pertama, adalah tentang suhu Mars. Urutan tata surya kita adalah Matahari sebagai pusat orbit diikuti Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Yupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus. Di Bumi yang kita tempati ini adakah tempat yang tidak bisa manusia tinggal di sana? Jawabannya ada yaitu kutub selatan dan kutub utara. Sedangkan jarak Matahari ke Mars tentunya lebih jauh lagi. Ini membuktikan bahwa suhu di Mars sangatlah ekstrim dibandingkan bumi dan pasti suhu tersebut tidak dapat diterima oleh tubuh. Logika ini saja sudah bisa menjawab tidak mungkin manusi hidup di Mars.

Logika kedua, adalah tentang lamanya perjalanan ke Mars. Planet ini sama halnya dengan Bumi yang berputar mengelilingi Matahari. Artinya perjalanan menuju Mars akan sangat lama mengingat bahwa masing-masing planet bergerak.

Logika ketiga, dengan apa hidup di Mars? Kita semua tahu yang ada sumber penghidupan hanyalah di Bumi ini. Tidak ada planet lain yang memiliki air, tanaman dan hewan. Kalau memang masih tetap ngeyel mau membuat kehidupan sendiri, berapa juta tahun saja kehidupan di planet lain akan tercipta?

Logika keempat, siapa yang mau tinggal di Mars? Problematika hidup kita sekarang ini saja tidak ada habis-habisnya. Malah cenderung semakin pelik, semakin kompleks saja persoalannya. Kalau kita nanti tinggal di planet lain yang tidak ada sumber kehidupan apa persoalannya tidak tambah ruwet? Seharusnya arah berpikir kita juga ke situ. Terlebih siapa yang mau bersusah payah, toh lebih baik tinggal di Bumi saja  yang jaminan kehidupannya jelas.

Firman Allaah telah menjawab hal yang mustahil semacam ini. Sekian banyak ayat-Nya yang berhubungan dengan Bumi selalu dalam bentuk mufrad (tunggal) yaitu kata “Al-Ardhu” yang artinya adalah Bumi. Tidak ada satupun kata bumi tertulis di Al-Qur’an dalam bentuk jamak seperti Al-Ardhuuna/Al-Ardhiina. Karena bumi tempat tinggal manusia memang hanya satu yang sekarang kita tempati. Satu argument otentik dari Al-Qur’an tersebut memberi tahu bahwa manusia hanya akan hidup di satu bumi ini saja. Jadi, sangatlah tidak mungkin manusia hidup di Mars. Yang perlu dicatat di sini bahwa logika manusia haruslah dibimbing oleh wahyu. Sehingga  ia tidak akan terjerumus kepada jalan yang salah.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment