Tips Terbaik Mencegah Gusi Berdarah

gusi berdarah
ISLAMEDICA - Kesehatan gigi dan mulut harus senantiasa dijaga. Betapapun gigi adalah organ yang berada di dalam, namun jika tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan banyak masalah. Sehingga bisa menimbulkan sensasi yang tidak nyaman saat makan atau berbicara. Salah satu masalah mulut yang berbahaya adalah gusi berdarah. Oleh karena itu dibutuhkan upaya kesehatan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita. berikut adalah tips terbaik untuk mencegah gusi berdarah :

Menyikat gigi dengan baik

Menyikat gigi yang baik caranya dengan menyikat secara merata kesemua bagian mulut dan dengan gerakan yang ringan. Tekanan yang keras ketika menyikat gigi sangat memungkinkan gusi berdarah. Obsesi mempunyai kilau gigi yang lebih putih dengan cara menyikat lebih keras adalah hal yang sangat keliru. Malah justru akan semakin menimbulkan pengikisan gigi.

Memilih sikat gigi

Sikat gigi dengan bulu sikatnya yang lembut adalah pilihan yang tepat. Selain tidak menyiksa gusi, juga lebih maksimal dalam menghilangkan sisa makanan dan bakteri di mulut. Sekedar merekomendasikan, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut di semua bagian. Bukan hanya di bagian pinggir saja. Bulu sikat yang hanya lembut di bagian tepinya saja lebih berisiko menimbulkan perdarahan pada gusi.

Kurangi merokok

Asap tembakau yang menghasilkan karbon dan racun dapat memperparah kerusakan pada gigi. Sisa dari asap rokok tersebut sangat disukai berbagai bakteri di mulut. Selain iu merokok juga bisa mengakibatkan bau mulut ang sukar untuk dihilangkan.

Kurangi makanan yang manis

Makanan yang manis mengandung banyak gula akan menyebabkan kuman di mulut. Karena kuman paling suka dengan gula. Sehingga mengurangi makanan yang mengandung banyak gula adalah keharusan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Jika keempat hal di atas dilakukan dengan baik, insyaaAllaah akan menjadi tips pilihan kita semua untuk mencegah gusi berdarah. Allaah memberikan kita organ-organ tubuh sebagai karunia yang sangat berharga. Penting sekali untuk senantiasa merawat kesehatannya sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allaah. Semoga bermanfaat, dan salam sehat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment