Tips Terbaik Mencegah Gatal Scabies

ISLAMEDICA - Kulit yang sehat terawat bebas dari penyakit dan gatal-gatal merupakan karunia Allaah yang seharusnya kita syukuri. Kulit yang merupakan mekanisme pertahanan pertama dari serangan agen penyakit perlu dijaga kesehatannya. Apalagi bagian yang langsung nampak dari luar seperti wajah dan telapak tangan. Tentu akan sangat mengganggu apabila kecantikan kulit tersebut berubah menjadi merah akibat gatal-gatal. Oleh sebab itu, sebelum semuanya terjadi perlu dicegah supaya kesehatan kulit tetap terjaga. Berikut ini kami uraikan beberapa tips untuk mencegah gatal kulit dan scabies :

Mandi teratur

Mandi secara teratur dua kali sehari adalah kebersihan pribadi yang minimal harus dilakukan. Dengan mandi, bakteri-bakteri yang yang menempel di kulit bersama keringat akan larut bersama air. Apalagi jika badan sudah mulai meningkat suhunya itu berarti bakteri tersebut sedang berkembang. Mandi yang baik menggunakan air yang bersih tentunya. Dan jangan lupa untuk menggunakan anti septik yang terbukti mampu membunuh kuman. Bukan sekedar sabun yang terkenal mereknya. Tapi kita juga harus memperhatikan bagaimana sabun anti septik tersebut mampu melindungi kulit kita dari serangsn bakteri dan kuman berbahaya.

Mengenakan baju bersih

Pakailah baju yang bersih setiap harinya. Tidak harus sering menggunakan baju bagus dan baru. Yang lebih penting adalah kebersihan pakaian tersebut dan juga tidak menyelisihi syari’at agama. Satu hal lagi yang perlu diingat mengenai baju adalah jangan memakai pakaian oranglain. Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan teman-teman kita. Bukan berarti mencurigai, namun sudah semestinya perlu berhati-hati. Karena penularan scabies dan gatal-gatal kulit lainnya sangat mungkin terjadi lewat pakaian.

Cuci sprei dan selimut

Sangat penting untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat tidur. Mulai dari mencuci selimut dan sprei paling tidak 2 minggu sekali. Agar kutu atau tungau kasur penyebab gatal scabes hilang. Selain itu membersihkan kasur sebelum berangkat tidur adalah hal yang sangat dianjurkan. Karena hal tersebut sesuai dengan sunnah Rasul yang diajarkan kepada kita lewat hadits beliau.

Bersihkan kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat kotor yang setiap orang bisa menggunakannya. Apalagi bagi anak-anak yang di kos atau asrama kamar mandi sering digunakan dan bergantian. Karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan orang lain, memiliki penyakit menular yang berbahaya atau tidak maka dari ituu perlu untuk membersihkkannya, minimal satu minggu sekali. Mulai dari menguras bak mandi dan menyikat bagian jamban, lantai dan bagian kamar mandi lainnya. Dengan maksud agar apa yang selama ini di buang di kamar mandi bisa larut setelah dibersihkan.

Jika keempat hal di atas dilakukan dengan baik dan rutin, insyaaAllaah bisa menjadi tips terbaik mencegah gatal kulit dan scabies. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment