Kebiasaan di Malam Hari yang Merusak Jantung



ISLAMEDICA - Disadari atau tidak, sebenarnya banyak diantara kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata masuk dalam kategori tidak sehat. Bahkan cenderung membahayakan kondisi jasmani kita. Berikut ini adalah tiga kebiasaan buruk di malam hari yang bisa merusak jantung :

Begadang untuk sesuatu yang tidak diperlukan

Tetap terjaga hingga larut malam bisa memperberat kerja jantung. Pada malam hari seharusnya jantung membutuhkan haknya untuk sedikit lebih relaks. Supaya kerja jantung esok harinya bisa maksimal. Jika sering begadang untuk sesuatu yang tidak diperlukan secara otomatis tubuh akan menerima udara di malam hari yang penuh dengan CO2 (karbon dioksida). Padahal kerja jantung sendiri membutuhkan banyak O2 (oksigen). Apalagi jika sampaai seharian tidak tidur sedikitpun, tentu itu bisa jauh lebih memperberat kerja jantung.

Merokok

Kebiasaan buruk di malam hari selain begadang adalah merokok. Sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya bahwa jantung membutuhkan banyak oksigen untuk melakukan tugasnya. Jika di malam hari malah merokok, sudah bisa ditebak jantung akan menerima banyak sekali racun yang kemudian akan menyebar ke peredaran darah. Namun bukan berarti merokok saat pagi, siang atau sore diperbolehkan. Kapanpun waktunya menghirup asap tembakau tetap merusak tubuh. Jadi, merokok dapat dikatakan sebagai tindakan yang mendzolimi diri sendiri.

Minum kopi berlebihan

Kopi adalah minuman yang bisa membuat seseorang tetap terjaga meski sampai tengah malam. Kandungan caffein di dalamnya mampu memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi. Dalam porsi sedikit minum kopi di malam hari mungkin tidak mengapa. Namun jika porsinya sudah terlalu banyak dan menjadi keseharian jelas itu berbahaya bagi kesehatan jantung kita.

Ketiga hal tersebut adalah hal yang sering dilakukan ketika musim piala dunia. Melakukan salah satu dari ketiga hal di atas saja sudah menyumbang untuk kerusakan jantung. Apalagi ketiganya dilakukan bersamaan sekaligus dan frekuensinya amat sering. Bisa dibayangkan bagaimana status kesehatan kita. Allaah SWT. menciptakan manusia dengan segala seuatu yang sangat sempurna di dalamnya. Organ-organ yang telah Allaah telah ciptakan untuk kita hendaknya dijaga dan dipelihara kesehatannya. Sehingga ada rasa syukur kita kepada Rabb semesta alam yang telah memberikan kesehatan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment