Konsep Dasar Pendidikan Kesehatan



konsep pendidikan kesehatan
Pengertian

Pendidikan kesehatan sebagai sekumpulan pengalaman yang mendukung kebiasaan, sikap, dan pengetahuan yang berhubungan dengan kesehatan individu, masyarakat dan ras (Wood 1926). Nyswander (1947) yang dikutip oleh Notoatmodjo (1997) menyatakan bahwa pendidikan kesehatan adalah proses perubahan perilaku yang dinamis. Pendidikan kesehatan suatu proses perubahan pada diri seseorang yang dihubungkan dengan pencapaian tujuan kesehatan individu, dan masyarakat.

Tujuan

Tercapainya perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Terbentuknya perilaku sehat pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang sesuai dengan konsep hidup sehat baik fisik, mental dan sosial sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian. Menurut WHO tujuan penyuluhan kesehatan adalah untuk merubah perilaku perseorangan dan atau masyarakat dalam bidang kesehatan.

WHO 1954 dalam Notoatmodjo 1997 memperinci tujuan pendidikan kesehatan sebagai berikut : Menjadikan kesehatan sebagai sesuatu yang bernilai dimasyarakat. Menolong individu agar mampu secara mandiri atau berkelompok mengadakan kegiatan untuk mencapai tujuan hidup sehat. Mendorong pengembangan dan penggunaan secara tepat sarana pelayanan kesehatan yang ada.

Sasaran

Individu : Individu yang mempunyai masalah keperawatan dan kesehatan, yang dapat dilakukan di RS, klinik, puskesmas, rumah bersalin, posyandu, keluarga binaan dan masyarakat binaan

Keluarga : Keluarga binaan yang mempunyai masalah keperawatan dan kesehatan yang tergolong dalam keluarga Resiko tinggi, diantaranya adalah : Anggota keluarga yang menderita penyakit menular, Keluarga dengan sosial ekonomi dan pendidikan yang rendah, Keluarga dengan masalah sanitasi lingkungan yang buruk, Keluarga dengan masalah gizi buruk, Keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang banyak di luar kemampuan kapasitas keluarga.

Masyarakat : Masyarakat binaan Puskesmas, Masyarakat nelayan, Masyarakat pedesaan, Masyarakat yang datang ke institusi pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Posyandu yang diberikan pendidikan kesehatan secara missal, Masyarakat luas yang terkena masalah kesehatan seperti wabah DHFdan Muntaber

Konsep Pendidikan kesehatan

Health education alone is nothing. Health education with program is something. Health education with program and community is everything”. (Jargon Health Education). Pendidikan kesehatan merupakan upaya yang ditekankan pada terjadinya perubahan perilaku, baik pada individu maupun masyarakat. Area Pendidikan Kesehatan adalah pada Knowledge (Pengetahuan), Attitude (Sikap) dan Practice (Perilaku), yang disingkat menjadi K.A.P.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment