Tinjauan Teori Acites

Pengertian

Ascites adalah akumulasi cairan (biasanya cairan serosa yang merupakan cairan berwarna kuning pucat dan jelas) dalam rongga (peritoneal) perut. Rongga perut terletak di bawah rongga dada, dipisahkan oleh diafragma. cairan asites dapat memiliki banyak sumber seperti penyakit hati, kanker, gagal jantung kongestif, atau gagal ginjal.

Penyebab

Penyebab paling umum dari ascites adalah penyakit hati yang lanjut atau sirosis. Sekitar 80% kasus ascites terjadi karena sirosis. Meskipun mekanisme yang tepat pembangunan ascites tidak sepenuhnya dipahami, teori yang paling menunjukkan adalah akibat hipertensi portal (tekanan meningkat dalam aliran darah hati) sebagai kontributor utama. Prinsip dasarnya adalah mirip dengan pembentukan edema tempat lain dalam tubuh akibat ketidakseimbangan tekanan di dalam sirkulasi (sistem tekanan tinggi) dan di luar, dalam hal ini, rongga perut (spasi tekanan rendah). Peningkatan tekanan darah portal dan penurunan albumin (protein yang dibawa dalam darah) dapat bertanggung jawab dalam membentuk gradien tekanan dan mengakibatkan perut ascites.

Faktor lain yang dapat menyebabkan ascites adalah retensi garam dan air. Volume sirkulasi darah dapat dianggap rendah oleh sensor di ginjal sebagai pembentukan asites. Ini menandakan ginjal untuk menyerap kembali lebih banyak garam dan air untuk mengkompensasi hilangnya volume.

Beberapa penyebab lain dari ascites berhubungan dengan gradien tekanan yang meningkat adalah gagal jantung kongestif dan gagal ginjal lanjut akibat retensi umum cairan dalam tubuh.

Dalam kasus yang jarang terjadi, peningkatan tekanan dalam sistem portal bisa disebabkan oleh obstruksi internal atau eksternal kapal portal, mengakibatkan hipertensi portal tanpa sirosis. Contoh ini bisa adanya massa (atau tumor) menekan pada pembuluh portal dari dalam rongga perut atau pembentukan bekuan darah di pembuluh portal menghalangi aliran normal dan meningkatkan tekanan dalam wadah (misalnya, sindrom Budd-Chiari) .

Ada juga ascites formasi sebagai akibat dari kanker, yang disebut ascites ganas. Jenis asites biasanya manifestasi kanker dari organ-organ dalam rongga perut, seperti, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker perut, kanker payudara, limfoma, kanker paru-paru, atau kanker ovarium.

asites pankreas dapat dilihat pada orang dengan pankreatitis kronis (lama berdiri) atau peradangan pada pankreas. Penyebab paling umum dari pankreatitis kronis adalah penyalahgunaan alkohol berkepanjangan. Pankreas asites juga bisa disebabkan oleh pankreatitis akut serta trauma pancreas.

Jenis Acites

Secara tradisional, ascites dibagi menjadi 2 jenis; transudative atau eksudatif. Klasifikasi ini didasarkan pada jumlah protein yang ditemukan dalam cairan.

Sebuah sistem yang lebih berguna telah dikembangkan untuk mengklasifikasikan berdasarkan jumlah albumin dalam cairan asites dibandingkan dengan albumin serum (albumin diukur dalam darah). Ini disebut Serum Albumin Ascites Gradient atau Saag.

Faktor-Faktor Risiko

Penyebab paling umum ascites adalah sirosis hati. Banyak faktor risiko ascites berkembang dari sirosis hati. Faktor risiko yang paling umum termasuk hepatitis B, hepatitis C, dan penyalahgunaan alkohol berlangsung lama. Faktor-faktor risiko potensial terkait dengan kondisi yang mendasari lainnya, seperti gagal jantung kongestif, keganasan, dan penyakit ginjal.

Gejala-gejala

Mungkin tidak ada gejala yang berhubungan dengan ascites terutama jika ringan (biasanya kurang dari sekitar 100 - 400 ml pada dewasa). Sebagai cairan menumpuk, peningkatan lilit batang perut dan ukuran yang biasa terlihat. Nyeri perut, ketidaknyamanan, dan kembung juga sering dianggap sebagai ascites menjadi lebih besar. Sesak napas juga dapat terjadi dengan ascites besar karena meningkatnya tekanan pada diafragma dan migrasi fluida melintasi diafragma menyebabkan efusi pleura (cairan di sekitar paru-paru).

Kapan harus menghubungi dokter ?

Orang dengan ascites harus secara rutin diperiksa oleh dokter. Pencernaan (spesialis dalam penyakit gastrointestinal) dan hepatologist (spesialis hati) sering melihat pasien dengan asites akibat penyakit hati. spesialis lain juga bisa merawat pasien dengan asites berdasarkan penyebab yang mungkin dan kondisi yang mendasarinya. Para ahli biasanya meminta pasien untuk pertama menghubungi dokter utama mereka jika terjadi peningkatan ascites. Jika ascites menyebabkan gejala sesak nafas, perut tidak nyaman, atau ketidakmampuan untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari normal seperti berjalan, dokter utama pasien harus diberitahu.

Bagaimana asites didiagnosis?

Ascites Didiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik dalam hubungannya dengan sejarah medis rinci untuk memastikan penyebab ascites yang mungkin karena sering dianggap sebagai gejala tidak spesifik untuk penyakit lainnya. Jika cairan asites lebih besar dari 500 ml, dapat dibuktikan pada pemeriksaan fisik oleh gelombang fluida dilakukan oleh dokter memeriksa perut. jumlah kecil cairan dapat dideteksi oleh USG perut. Kadang-kadang, ascites ditemukan secara kebetulan oleh USG atau CT scan dilakukan untuk mengevaluasi kondisi lain.

Diet

Mengelola asites pada pasien dengan sirosis biasanya melibatkan diet membatasi asupan natrium dan penggunaan diuretik (pil air). Membatasi asupan natrium (garam) diet untuk kurang dari 2 gram per hari adalah sangat praktis, sukses, dan banyak direkomendasikan untuk pasien dengan asites. Dalam sebagian besar kasus, pendekatan ini perlu digabungkan dengan penggunaan diuretik sebagai pembatasan garam saja umumnya bukan cara yang efektif untuk mengobati ascites. Konsultasi dengan ahli gizi dalam hal pembatasan garam sehari-hari bisa sangat membantu untuk pasien dengan asites.
Obat

Diuretik meningkatkan ekskresi air dan garam dari ginjal. Rejimen diuretik direkomendasikan dalam pengaturan ascites hati terkait adalah kombinasi dari spironolactone (aldactone) dan furosemid (Lasix). dosis harian tunggal spironolactone 100 miligram dan 40 miligram furosemide adalah dosis awal yang biasa dianjurkan. Hal ini dapat secara bertahap ditingkatkan untuk mendapatkan respon yang tepat dengan dosis maksimum 400 miligram spironolactone dan 160 miligram furosemide, selama pasien dapat mentolerir meningkatkan dosis tanpa efek samping. Mengambil obat-obat ini bersama-sama di pagi hari biasanya disarankan untuk mencegah sering buang air kecil pada malam hari.

Terapi paracentesis

Untuk pasien yang tidak merespon dengan baik atau tidak dapat mentolerir rejimen di atas, paracentesis terapeutik sering (jarum dengan hati-hati ditempatkan ke daerah perut, di bawah kondisi steril) dapat dilakukan untuk menghapus sejumlah besar cairan. Sebuah beberapa liter (hingga 4 sampai 5 liter) cairan dapat dihapus dengan aman oleh prosedur ini setiap kali. Untuk pasien dengan asites ganas, prosedur ini juga mungkin lebih efektif daripada menggunakan diuretik.

Operasi

Untuk kasus yang lebih tahan api, prosedur operasi mungkin diperlukan untuk mengontrol ascites. Transjugular shunts portosystemic intrahepatik (TIPS) adalah prosedur dilakukan melalui vena jugularis internal (pembuluh darah utama di leher) di bawah anestesi lokal oleh radiolog intervensi. shunt adalah ditempatkan antara sistem vena portal dan sistem vena sistemik (vena kembali darah kembali ke jantung), sehingga mengurangi tekanan portal. Prosedur ini disediakan untuk pasien yang memiliki respon minimal untuk perawatan medis agresif. Telah terbukti mengurangi ascites dan baik membatasi atau menghilangkan penggunaan diuretik dalam sebagian besar kasus dilakukan. Namun, hal ini terkait dengan komplikasi yang signifikan seperti ensefalopati hepatic (kebingungan) dan bahkan kematian.

Transplantasi hati

Akhirnya, transplantasi hati untuk sirosis lanjut dapat dianggap sebagai perawatan untuk ascites karena kegagalan hati. transplantasi hati melibatkan proses yang sangat rumit dan berkepanjangan dan membutuhkan pemantauan sangat dekat dan manajemen oleh spesialis transplantasi. Apa komplikasi asites?

Beberapa komplikasi asites dapat dihubungkan dengan ukurannya. Akumulasi cairan dapat menyebabkan kesulitan bernapas dengan menekan diafragma dan pembentukan efusi pleura.

Infeksi lain adalah komplikasi serius dari ascites. Pada pasien dengan ascites berhubungan dengan hipertensi portal, bakteri dari usus spontan dapat menginvasi cairan peritoneal (asites) dan menyebabkan infeksi. Hal ini disebut peritonitis bakteri spontan atau SBP. Antibodi jarang terjadi di ascites dan, karenanya, respon imun dalam cairan asites sangat terbatas. Diagnosis dari SBP dibuat dengan melakukan paracentesis dan menganalisa cairan untuk jumlah sel darah putih atau bukti pertumbuhan bakteri.

sindrom Hepatorenal adalah jarang, tetapi serius dan berpotensi mematikan (tingkat kelangsungan hidup rata-rata berkisar antara 2 minggu sampai sekitar 3 bulan) komplikasi ascites berhubungan dengan sirosis hati menyebabkan kegagalan ginjal progresif. Mekanisme yang tepat dari sindrom ini tidak cukup dikenal, tetapi dapat hasil dari pergeseran dalam cairan, gangguan aliran darah ke ginjal, terlalu sering menggunakan diuretik, dan administrasi kontras atau obat yang dapat membahayakan ginjal.

Pencegahan
Pencegahan ascites sebagian besar melibatkan mencegah faktor-faktor risiko kondisi yang mendasarinya. Pada pasien dengan penyakit hati dan sirosis dari setiap penyebab, menghindari konsumsi alkohol nyata dapat mengurangi risiko pembentukan asites. Nonsteroidal obat antiinflamasi [ibuprofen (Advil, Motrin, dll)] juga harus dibatasi pada pasien dengan sirosis karena dapat mengurangi aliran darah ke ginjal, sehingga membatasi ekskresi garam dan air. Mematuhi pembatasan diet garam juga ukuran lain pencegahan sederhana untuk mengurangi ascites. Apakah pandangan (prognosis) untuk asites?

Secara umum, prognosis malignant ascites adalah buruk. Kebanyakan kasus memiliki waktu kelangsungan hidup rata-rata antara 20-58 minggu, tergantung pada jenis keganasan seperti yang ditunjukkan oleh sekelompok peneliti. Ascites karena sirosis biasanya merupakan tanda penyakit hati lanjut dan biasanya memiliki prognosis kurang baik (3 tahun kelangsungan hidup sekitar 50%). Ascites karena gagal jantung memiliki prognosis bagi pasien dapat hidup tahun dengan perawatan yang tepat (kelangsungan hidup rata-rata sekitar 1,7 tahun untuk laki-laki dan sekitar 3,8 untuk perempuan dalam satu penelitian besar).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment