Pengaruh Budaya Pada Keperawatan Gerontik

budaya keperawatan lansia
Implikasi  Etnis Demografi

Variasi nilai, kepercayaan, bahasa dan pengalaman masa lalu lansia menuntut perawat menambah pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam memberikan perawatan sesuaii dengan budaya dan bahasa yang tepat. Perawat harus memahami masalah penting dari mengahadapi orang banyak dalam memberikan pelayanan dan perbedaan tujuan  kesehatan. Perbedaan budaya meminimalkan frustasi kan konflik  budaya antara lansia, perawat dan pemberi  pelayanan kesehatan.

Akulturasi :Proses yang terjadi ketika anggota satu kelompok budaya mengadop nilai, kepercayaan, harapan dan perilaku kelompok lain.
Asimilasi : Peristiwa yang sangat dari akulturasi dimana anggota satu budaya menjadi diterima sebagian besar budaya dan tidak lama kelihatan berbeda.

Asimilisi budaya memrlukan :

a. Musnahnya sifat perilaku yang akan membedakan individu dengan anggota sebagian besar budaya

b. Musnahnya kalangan tertentu dan perbedaan perilaku antar anggota sebagian besar budaya dari  pendatang baru ( Smedley, Stith, Nelson, 2003)

Pergerakan budaya adalah bagian dari jenis yang berbeda dari  bagian baik frekuensi dari sifat turun temurun yang muncul  ditengah-tengah anggota. Contohnya : perbedaan kulit, warna mata, struktur muka, tektur rambut dsb.

Etnis :  Perbedaan sosial dari manusia yang berada dalam keanggotaan kelompok, berbagi buday dan sejumlah karektristik umum.

Identitas Etnis : kerelaan  seseorang mengidentifikasi diri sendiri dalam anggota kelompok. Identitas etnik tidak mengasumsikan warna kulit, bahasa atau yang lainnya.

Perawat lansia adalah perawat yang memberikan  perawatan peka budaya  untuk mengurangi perbedaan kesadaran, sensitivitas atau keduanya

Etnocentrisme adalah kepercayaan sekelompok etnis yang lebih banyak.
Rasisme : asumsi negatif terhadap kesadaran sikap dan perilaku seseorang atau kelompok warna kulit.

Diskriminasi : perbedaan perlakuan terhadap individu karena mereka bagian dari ras , etnis, agama atau kelompok sosial tertentu.

Konflik budaya : Pengalaman yang mencemaskan ketika seseorang beriteraksi dengan individu yang memiliki perbedaan kedasaran, nilai, kebiasaan, bahasa dan jalan hidup.


Terdapat tiga pendekatan pengetahuan  untuk memperhatikan pertukaran, kelebihan budaya dan faktor yang mempengaruhi perilaku lansia  dan potensial sumber konflik di tempat perawatan kesehatan : Kesadaran kesehatan dan kesakitan, Orientasi waktu, Konteks budaya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment