Gangguan Pendengaran Presbiakusis Pada Lansia

presbiakusis lansia
Pendahuluan

Definisi menua : suatu proses yang mengubah orang dewasa sehatmenjadi orang yang rapuh (frail) disertai penurunan kapasitas fisiologis berbagai sistem tubuh dan peningkatan secara eksponensial kerentanan terhadap penyakit dan kematian” (miller,1994)

Mata dan pendengaran merupakan bagian yang vital dalam kehidupan.  Adanya gangguan pada mata dan telinga dapat menurunkan kemampuan beraktifitas. Lansia yang memiliki masalah mata dan telinga akan berdampak dalam kualitas hidup.

Harapan manusia

Setiap manusia mempunyai harapan sehat, harta  cukup, pasangan  & anak keturunan yang menyenangkan, terhormat, mandiri, produktif, bahagia , berguna , mati dalam baik, mudah, enak, murah, masuk sorga.

Kondisi  yang  mempengaruhi panjangnya usia (hurlock,1980)

Kondisi  yang  mempengaruhi panjangnya usia adalah : keturunan, karakteristik tubuh, kondisi tubuh pada umumnya, sex, ras, letak geografis, tingkat sosial ekonomi, inteligensi, pendidikan, merokok-minuman keras,, status perkawinan, efisiensi, kecemasan, pekerjaan, kebahagiaan

Problem geriatri

Immobility, instability, intelectual impairment , impairment of vision and hearing, isolation (depression), inanition (malnutrition), irritable colon (gangguan bab), incontinence, impecunity, infection, iatrogenesis, insomnia, immune deficiency, impotence


Gangguan pendengaran pada lansia

Presbiakusis

Merupakan akibat dari proses degenerative pada satu atau beberapa bagian koklea ( striae vaskularis, sel rambut dan membrane basilaris) maupun serabut saraf auditori. presbikusis  ini juga merupakan hasil interaksi antara factor genetic individu dengan faktor eksternal.

Presbiakusis terbagi dua menjadi :


1. Presbiakusis perifer : dimana para lansia hanya mampu untuk mengidentifikasi kata.

2. Presbiakusis sentral : dimana lansia mengalami gangguan untuk mengidentifikasi kalimat, sehingga manfaat alat bantu dengar sangat kurang.

Gejala yang dialami penderita presbikusis

1. Berkurangnya pendengaran secara perlahan dan progresif perlahan pada kedua telinga dan tidak disadari oleh penderita
2. Suara-suara terdengar seperti bergumam, sehingga mereka sulit untuk mengerti pembicaraan
3. Sulit mendengar pembicaraan di sekitarnya, terutama jika berada di tempat dengan latar belakang suara yang ramai
4. Suara berfrekuensi rendah, seperti suara laki-laki, lebih mudah didengar daripada suara berfrekuensi tinggi
5. Bila intensitas suara ditinggikan akan timbul rasa nyeri di telinga  telinga terdengar berdenging (tinitus)

Terapi penderita presbikusis

Terdapat beberapa pilihan terapi untuk penderita presbikusis, diantaranya: kurangi paparan terhadap bising, gunakan pelindung telinga (ear plegs atau ear muffs) untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, gunakan alat bantu dengar, lakukan latihan untuk meningkatkan keterampilan membaca gerak bibir dan latihan mendengar, berbicaralah kepada penderita presbikusis dengan nada rendah dan jelas.

Perawatan dan pemeliharaan  alat bantu dengar

Alat bantu dengar adalah barang elektronik yang sangat kecil dan sensitif. Oleh karenanya, penting untuk merawat alat bantu dengar dengan hati-hati. Perawatan yang teratur dan hati-hati dapat memperpanjang masa guna alat bantu dengar serta membantu si pengguna untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari alat bantu dengar.

Penyebab kerusakan pada alat bantu dengar

kerusakan pada alat bantu dengar disebabkan oleh : keringat & air, panas, lembab dan bahan kimia, jatuh atau terbentur benda keras, cairan kimia dari baterei, kotoran telinga.

Perawatan alat bantu dengar

Lakukan perawatan dengan : cek baterai secara berkala, simpan di tempat aman, bersihkan dari debu menggunakan sikat kecil dan lembut, jaga kelembaban jangan sampai basah, bila alat tidak dipakai simpan di tempat aman dan mudah di cari

Penyimpanan

Lakukan penyimpanan sbagai berikut : simpan alat bantu dengar pada tempat yang sejuk dan kering, jauhkan atau lindungi alat bantu dengar dari panas yang berlebih, simpan alat bantu dengar pada tempat yang sulit dijangkau anak-anak ataupun binatang peliharaan, lepas alat bantu dengar ketika menggunakan produk perawatan rambut (hair tonic/hair lotion), buka tempat baterei dan simpan alat bantu dengar pada kotaknya, gunakan kotak yang disediakan atau disarankan.


Konsekuensi fungsional  akibat presbiakusis

Konsekuensi dari gangguan pendengaran presbiakusis adalah adanya penurunan fungsi pendengaran akan berdampak gangguan komunikasi dan interaksi dengan orang lain dan lingkungan, ketergantungan dalam melakukan aktivitas pemenuhan kebutuhan sehari-hari (mandi, berpakaian, ke kamar kecil, makan, bab/bak, serta berpindah) dan isolasi sosial ( menarik diri, malas bepergian).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment