- Dipublish pertama kali pada tahun 1967 untuk membantu tenaga kesehatan mendeteksi masalah perkembangan potensial pada anak-anak di bawah usia 6 tahun.
- DDST telah digunakan secara luas sejak publikasi
- Telah diadaptasi untuk digunakan dan distandardisasi pada lebih dari 12 negara dan telah digunakan untuk screening lebih dari 50 juta anak di seluruh dunia
- Direvisi menjadi Denver II
- Author: William K. Frankenburg and Josiah B. Dodds
- Bukan test IQ
- Bukan test diagnostik
- Reliable
- Validitas tinggi
- Mudah dan cepat dilakukan
- Berisi 125 item/tugas
- Bukan pemeriksaan fisik
- Tidak dapat untuk meramal kemampuan adaptif masa depan
- Membandingkan penampilan kemampuan anak pada berbagai macam tugas dengan anak lain yang seusia
- Memantau anak usia 0-6 th
- Monitor anak dengan resiko perkembangan
- Menjaring anak terhadap adanya kelainan
- Memastikan apakah anak dengan persangkaan ada kelainan perkembangan, benar-benar ada kelainan
- Dilakukan secara kontinyu
- Didampingi ibu atau pengasuh
- Anak dan ibu dalam keadaan santai
- Satu formulir digunakan beberapa kali pada satu klien
- Bayi di atas tempat tidur, anak duduk di kursi, lengan di atas meja
- Bertahap dan berkelanjutan
- Dimulai dari tahap perkembangan yg telah dicapai anak
- Alat bantu stimulasi yang sederhana
- Suasana nyaman, bervariasi
- Perhatikan gerakan spontan anak
- Dilakukan dengan wajar dan tanpa paksaan, tidak menghukum
- Berikan pujian/reinforcement bila dapat melakukan
- Sebelum uji coba semua alat diletakkan di atas meja
- Pada saat test hanya satu alat saja
- Benang sulaman merah
- Kismis
- Kerincingan dengan pegangan
- Kubus kayu berwarna ukuran dimensi 1 inci 10 buah
- Lonceng kecil
- Bola tennis
- Pencil merah
- Boneka plastik kecil dengan dot
- Cangkir plastik dengan pegangan
- Kertas kosong
- Botol kaca bening yang dapat dibuka
- Meja dan kursi untuk pemeriksa, ibu dan anak
- Ruangan yang cukup luas untuk menguji item motorik kasar (gross motor)
- Tempat tidur lengkap dengan perlak dan laken
- Uji coba item yang kurang aktif dilakukan lebih dahulu
- Uji coba yang lebih mudah dilakukan lebih dahulu
- Uji coba yang menggunakan alat yang sama dilakukan berurutan
- Hanya alat uji coba yang berada di depan anak
- Semua uji coba dimulai dari sebelah kiri garis umur dan yang ditembus serta item di sebelah kanan garis umur
- Pada setiap sektor dilakukan paling sedikit dilakukan 3 uji coba yang ada di sebelah kiri garis umur dan item yang berada pada garis umur
- Jika anak gagal, menolak, no opportunity, lakukan uji coba tambahan ke sebelah kiri garis umur sampai 3 kali LEWAT tiap sektor
- Pada tiap sektor dilakukan paling sedikit 3 uji coba yg paling dekat di sebelah kiri garis umur dan item yang ditembus garis umur
- Jika anak mampu/bisa melakukan lanjutkan uji coba di sebelah kanan garis umur sampai 3 kali GAGAL tiap sektor
- Penyesuaian prematuritas dilakukan pada anak yang lahirnya maju lebih dari 2 minggu sebelum HPL
- Tiap uji coba boleh dilakukan 3 kali pada anak sebelum dinyatakan gagal, kalau anak sudah 3 kali mencoba tetap tidak bisa– baru dinyatakan gagal
Blogger Comment
Facebook Comment